Sabtu, 29 Desember 2018

HAL PENTING YANG PERLU DILAKUKAN DALAM PROSES INVENTARISASI


Dalam pengelolahan perpustakaan bahan pustaka tak hanya sekadar ditata dalam rak. Bahan pustaka yang telah diadakan butuh diolah untuk dapat dimanfaatkan pengguna. Tujuan pengelolahan koleksi adalah membuat sarana temu balik sehingga memungkinkan pengguna menemukan koleksi yang diperlukan melalui kartu katalog dan atau melalui susunan koleksi di rak. Pengolahan bahan pustaka meliputi inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyelesaian dan pengaturan koleksi.
Inventarisasi adalah kegiatan memeriksa, memberi stampel, dan mencatat semua koleksi perpustakaan dalam buku induk.
a.       Pemeriksaan
Pemeriksaan perlu dilakukan terhadap setiap buku yang masuk ke perpustakaan. Jika ditemukan masalah seperti kerusakan penjilidan, kurang halaman, cetakan tidak jelas, sobek, segera disampaikan kepada pihak pengirim untuk penyelesaian lebih lanjut. Selain itu pemeriksaan juga dapat memastikan apakah jumlah buku sesuai dengan pemesanan atau terdapat kesalahan dalam pengirimanya.
b.      Pemberian stampel kepemilikan
Pada umumnya perpustakaan perlu memberikan tiga kali stampel kepemilikan pada buku yang dimiliki. Stampel pertama di balik halaman judul, pada tempat yang tidak ada teksnya, kedua pada halaman akhir buku dan ketiga pada satu halaman tertentu yang merupakan rahasia perpustakaan yang bersangkutan.
c.       Pemberian nomor induk buku
Nomor induk adalah nomor unit dari semua buku yang ada di perpustakaan, mulai dari nomor satu sampai nomor terakhir dari setiap buku yang dimiliki. Tempat nomor induk biasanya di dekat stampel buku di balik halaman judul. Nomor induk terakhir menentukan jumlah buku di perpustakaan.
d.      Pencatatan dalam buku induk atau inventaris
Setelah selesai memberikan nomor induk buku perlu pula dicatat dalam buku yang disebut “Daftar Buku Induk” untuk koleksi berupa majalah dan surat kabar, tidak dicatatkan pada buku induk, tetapi dalam kartu majalah atau surat kabar.
Kegiatan inventarisasi merupakan kegiatan yang sangat vital dilakukan. Karena inventarisasi merupakan kegiatan awal untuk mendata buku sebelum dilaksanakan proses sirkulasi. Pustakawan harus jeli dan teliti dalam proses pelaksanaanya.

referensi: buku pedoman pengelolahan perpustakaan sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SERBA KEPO APLIKASI SLIMS SENAYAN

Tampilan beranda aplikasi slims akasia 8.3.1               Senayan library manajemen system atau yang kerab kita sebut SliMS adalah seb...