Selasa, 19 Februari 2019

SERBA KEPO APLIKASI SLIMS SENAYAN

Tampilan beranda aplikasi slims akasia 8.3.1
              Senayan library manajemen system atau yang kerab kita sebut SliMS adalah sebuah aplikasi otomasi perpustakaan berbasis web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. SliMS pertama kali dikembangkan pada tahun 2006, dibawa binaan komunitas SDC (senayan developer community). SDC sendiri terdiri dari beberapa anggota yang berada di bawah koordinator Hendro Wicaksono dengan programmer Arie Nugraha dan Wardiyo. Sementara dokumentasi dipegang oleh Purwoko, Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, dan Arif Syamsudin. Pada Januari 2012, developer SLiMS bertambah dua orang, yaitu: Indra Sutriadi Pipii dan Eddy Subratha.
Tampilan menu admin pustakawan slims akasia 8.3.1
                Pembuatan aplikasi SLiMS dilatarbelakangi oleh habisnya masa pemakaian aplikasi Alice yang dipakai oleh perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta. Alice adalah sebuah aplikasi otomasi yang buatan Softlink sumbangan Pusat Kebudayaan Inggris, British Council. Kala itu Alice adalah aplikasi yang bersifat tertutup dan tidak mudah untuk dikembangkan serta relatif sulit untuk dipelajari. Sehingga muncullah ide untuk menciptakan sebuah program yang mudah untuk dikembang dan dipelajari semua kalangan. Terciptalah aplikasi SliMS yang bersifat open source yang bebas digunakan dan dipelajari ke seluruh pelosok negeri.
Tampilan visitor counter slims akasia 8.3.1
                  SliMS dijalankan dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL, ukuranya pun kecil dan mudah dipasang di komputer. Dibangun pada platform GNU/Linux sehingga dapat digunakan pada semua sistem operasi baik itu windows, linux, unix dan lain sebagainya. Aplikasi ini menggunakan teknologi AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) yang memudahkan interaktivitas pengguna. Senayan dirancang sesuai dengan standar pengelolaan koleksi perpustakaan, misalkan standar pendeskripsian katalog berdasarkan ISBD yang juga sesuai dengan aturan pengatalogan Anglo-American Cataloging Rules. Standar ini umum dipakai di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SERBA KEPO APLIKASI SLIMS SENAYAN

Tampilan beranda aplikasi slims akasia 8.3.1               Senayan library manajemen system atau yang kerab kita sebut SliMS adalah seb...